Sabtu, 26 April 2014

Sejarah PSHT



Sejarah Singkat berdirinya PSHT\*

PERSAUDARAAN SETIA HATI TERATE didirikan oleh Ki Hadjar Hardjo Oetomo pada tahun 1922 di desa Pilang Bango Madiun, Beliau merupakan Perintis Kemerdekaan Republik Indonesia.
Tahun 1905
beliau lulus sekolah SR (Sekolah Rakyat) kelas II ? HIS.
Tahun 1906
Beliau menjadi Mantri di Pasar Sepur Madiun, selama 4 bulan lalu dipindah ke Pasar Milir Madiun, belum 1 tahun Beliau mengundurkan diri.
Tahun 1916
Beliau menikah dan bekerja di Pabrik Gula Rejo Agung Madiun.
Tahun 1917
Beliau ujian Biomte Rumah Gadai dan lulus, lalu keluar dari Pabrik Gula Rejo Agung. Sambil menunggu panggilan dari Rumah gadai Beliau menganggur selama 1 tahun dan bekerja harian pada Stasiun KA Madiun. Beliau mendirikan perkumpulan Harta Jaya yang bertujuan memberantas rentenir. Tahun ini pula Beliau nyantrik (belajar) pencak silat pada KI Ngabei Surodiwirjo di Winongo Madiun.
Tahun 1922
Atas seijin Ki ngabei Surodiwirjo Beliau mendirikan pencak silat di desa Pilang Bangau Madiun dengan nama pencak SPORT CLUB. karena beliau menganggur Beliau berkeliling untuk mengajarkan pencak silat antara lain di kota kediri, Nganjuk, Kertosono, Jombang,Lamongan, Solo, dan jogja. Pada dasarnya niat beliau menambah keberanian untuk melawan penjajah Belanda. Dengan kegiatan tersebut Beliau sering keluar masuk penjara karena ditangkap Belanda. Beliau dituduh sebagai penggerak pemberontakan terhadap Belanda. Untuk mengelabui Belanda maka tempat - tempat latihan selalu bepindah - pindah dan namanya selalu berganti antara lain menjadi
PSC (Pemuda Sport Club), SHM (Setia Hati Muda).
Tahun 1926
Beliau ditangkap Belanda lagi, waktu itu istrinya mengandung Bpk. Hersono. Karena dipenjara Madiun ada gejala Pemberontakan dan Beliau terlibat dalam khasus tersebut, maka Beliau dipindahkan ke penjara cipinang dan masa tahananya ditambah 5 tahun. selam 2 bulan berada didalam penjara cipinang Jakarta, Beliau dipindah lagi ke penjara Buih Padang Panjang Sumatera.
Tahun 1931
Beliau pulang dari pembuangan, mulai tahun ini pula Beliau tidak mengajarkan pencak silat secara keliling, melainkan tetap mengajar di Pilang Bango Madiun dan Beliau menjadi Redaktur Harian dan Pokrol (pengacara).
Tahun 1942
Pada masa pendudukan jepang, atas usul dari sdr. Suratno nama PSC diganti menjadi PERSAUDARAAN SETIA HATI TERATE, dan usul tersebut disetujui sampai sekarang dipakai dasar PERSAUDARAAN TANPA ORGANISASI.
Tahun 1948
Atas usul dari Sdr.Sutomo Mangkujoyo, Sdr Jendro Darsono, Sdr.Sumaji, maka diadakanlah konfrensi SH Terate I di Pilang Bango Madiun di kediaman Bpk. Hardjo Oetomo. Dengan hasil SH terate diORGANISASIKAN.
adapun pengurus pertama adalah :
Ketua Pusat : Sutomo Mangkujoyo
Wakil Ketua : Jendro Darsono
Sekretaris : Sumaji
Tahun 1950
Karena Sdr. Sutomo Mangkujoyo pindah ke Surabaya dan Sdr. Jendro Darsono pindah ke kediri maka pemimpin pusat dipegang oleh Sdr. Irsad, Sekretaris oleh Sdr.Bambang Sudarsono.
Tahun 1952
Ki Hadjar Hardjo Oetomo meninggal dan dimakamkan di pemakaman umum desa Pilang bango Madiun pada tanggal 13 April 1952.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2009 Blog Ahmad Fauzi. Powered by Blogger
Blogger Templates created by Deluxe Templates
Wordpress by Wpthemescreator